Hama Terburuk Penyebab Gagal Panen



Untuk dapat merawat berbagai tanaman dengan baik, Anda harus mengenal berbagai organisme pengganggu tanaman (OPT) dan cara menanganinya. OPT dibagi menjadi tiga yaitu, hama, vektor penyakit dan gulma.

Hama adalah hewan yang dapat merusak tanaman secara langsung. Contoh hama adalah berbagai jenis serangga, bekicot, keong, tikus, dll. Serangan hama bisa terjadi sangat cepat dan mengakibatkan kerusakan langsung yang besar. Cara menangani hama adalah bisa dimusnahkan secara langsung bila melihatnya, membuat jebakan atau bisa juga menggunakan pestisida.

Vektor penyakit adalah berbagai organisme yang merusak tanaman secara tidak langsung, vektor penyakit dapat menurunkan imunitas dan metabolisme tanaman. Gejala serangan vektor penyakit umumnya tidak terlihat pada awalnya, namun perlahan pertumbuhan tanaman akan terganggu, jika dibiarkan tanaman akan mati. Lebih berbahaya lagi, jika dibiarkan vektor penyakit dapat menular ke tanaman lainnya. Vektor penyakit meliputi, virus, bakteri dan cendawan atau jamur. Cara menanggulangi vektor penyakit di antaranya, menjaga kebersihan tempat budidaya tanaman, segera memusnahkan tanaman yang terkena vektor penyakit agar tidak menular, Anda juga dapat menggunakan pestisida jika serangan sudah cukup parah.

Gulma adalah tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Gulma dapat berebut nutrisi dengan tanaman budidaya, sehingga pertumbuhan tanaman tidak optimal. Cara menanggulangi gulma bisa dengan cara dicabut secara langsung, dipotong maupun menggunakan pestisida.

Untuk budidaya tanaman di sekitar rumah, sebaiknya Anda lebih menekankan cara penanggulangan alami, karena lebih sehat dan tidak merusak lingkungan. Akan lebih baik jika penggunaan pestisida kimia dilakukan dalam keadaan tertentu saja, misalkan kondisi OPT yang sudah tidak terkendali.

.

.

MAHIR BERKEBUN 30 JENIS TANAMAN LANGSUNG PRAKTEK DI RUMAH KLIK >> DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *